Fakta Unik Tentang Ransomware WannaCry


Beberapa hari yang lalu dunia sempat dihebohkan dengan Ransomware WannaCrypt (WannaCry), dan WannaCry sendiri adalah sebuah virus yang dapat mengunci data-data di PC yang telah terinfeksi. Saking hebohnya Kementrian Komunikasi dan Informastika telah mengeluarkan pengumuman khusus pengguna Laptop atau PC (Terutama yang masih memakai OS Windows versi lama) agar tidak langsung menyambungkan PC nya ke internet dan tidak terhubung ke lan pada hari Senin tanggal 15 lalu.

Karena hebohnya berita tentang WannaCry yang telah tersebar dimana-mana kali ini saya akan memberikan fakta unik seputar WannaCry yang telah melumpuhkan sistem jaringan RS Dharmais dan RS Harapan Kita.


1. Tidak cuma di Indonesia, WannaCry juga tersebar di hampir 100 negara dalam waktu yang berdekatan


WannaCry telah diketahui telah menyerang sistem jaringan di hampir 100 negara di seluruh dunia. Di Amerika Serikat sendiri terhitung sudah ada sekitar 45.000 serangan yang terjadi saat Jumat (12/5) lalu.

Perusahaan jasa pengiriman FedEx pun ikut terkena imbas dari WannaCry, dan kabarnya virus ini meminta tebusan sebesar 300 dolar AS atau setara 4 juta rupiah dalam bentuk bitcoin, jika dalam batas waktu yang telah ditentukan transaksi belum dilakukan, WannaCry mengancam akan menghapus seluruh data di PC yang terinfeksi.

2. WannaCry sangat mudah menyebar dari 1 ke komputer lain dalam jaringan yang sama


Diketahui, serangan dari Ransomware WannaCry menyebar dengan cara menyematkan link di dalam email yang telah ditautkan dengan Ransomware ini, atau yang lebih dikenal juga dengan teknik phising.

Biasanya link yang disematkan sangat mengelabuhi sehingga sebagian besar pengguna yang mendapatkan email ini akan terkecoh, disaat pengguna lengah virus itu mulai menanamkan diri pada PC yang telah meng-klik link tersebut.

3. Tebusan yang diminta Ransomware WannaCry lumayan besar dan berbentuk mata uang Bitcoin


Kabarnya WannaCry meminta tebusan yang lumayan besar, senilai 300 USD atau jika dirupiahkan senilai 4 juta rupiah dalam bentuk Bitcoin, bagi yang belum tahu Bitcoin ini adalah mata uang digital yang diciptakan oleh orang yang bernama Satoshi Nakamoto.

Bitcoin menjadi terkenal belakangan tahun ini karena transaksi yang ditimbulkan sangat minim penipuan. Dan nilai tukar Bitcoin sangatlah tinggi dan makin lama semakin meningkat, untuk saat ini harga 1 Bitcoin berkisar 23 Jutaan rupiah.

4. Ransomware WannaCry tidak menyerang semua OS Windows, tetapi hanya beberapa saja


Dikutip dari Kompas.com, WannaCry ini hanya menyerang beberapa OS Windows. Adapun OS Windows yang paling rentan terkena WannaCry adalah Vista, Server 2008, Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows 8.1, Windows Server 2012, Windows 10, Windows Server 2012 R2, dan Windows Server 2016.

Itulah, Fakta Unik Tentang Ransomware WannaCry yang kini tengah jadi perbincangan di dunia maya. Bagi kamu yang tak ingin terserang ransomware ini, usahakan mengkuti langkah-langkah pencegahan yang juga sudah dibeberkan oleh Kementrian Komunikasi Informatika.


Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment