Apa Itu Mekanisme Antikythera? Google Doodle Hari Ini


Diketahui, mekanisme Antikythera merupakan mekanisme kompleks yang diyakini telah dirancang dan dibuat oleh para ilmuwan Yunani sekitar tahun 87 sebelum masehi atau bahkan lebih awal.

Mekanisme Antikythera disinyalir sebagai komputer tertua di dunia. Benda itu ternyata merupakan panduan mempelajari alam semesta.

Misteri bermula saat mekanisme Antikythera ditemukan di sebuah kapal karam di Laut Aegean di sebelah selatan Pulau Yunani pada tahun 1901. Para ilmuwan tidak bisa mengungkap fungsi benda tersebut karena mereka hanya memahami sebagian kecil teks saja.

Sekitar 12 tahun lalu, cahaya terang menuju terungkapnya misteri alat itu terungkap. Ilmuwan mulai paham bahwa mekanisme Antikythera terkait dengan tujuan astronomi. Dengan alat itu, diperkirakan manusia masa lalu bisa memerkirakan posisi benda-benda langit dilihat dari Bumi.

Kini, setelah usaha cermat dengan alat mutakhir, ilmuwan bisa membaca 3.500 karakter atau 500 kata dari teks penjelasan yang terdapat di dalam mesin berumur sekitar 2.100 tahun ini.

Dengan mekanisme Antikythera, orang masa lalu bisa mengetahui posisi matahari dan bulan dalam zodiak, posisi planet-planet di Tata Surya, dan memprediksi gerhana. Lebih luas, mekanisme Antikythera juga digunakan untuk memelajari alam semesta, layaknya sebuah buku astronomi yang kita gunakan saat ini.

Setelah diselidiki lebih lanjut, benda yang awalnya diduga hanya sebuah roda gigi biasa ternyata menjadi cikal bakal komputer analog pertama di dunia.

Terbungkus di sebuah kotak kayu dan perunggu seukuran kotak sepatu, mekanisme ini digunakan melacak posisi astronomi dan ilmu perbintangan lainnya.

Berikut ini adalah kenampakan dari Mekanisme Antikythera:



Hingga kini, banyak ilmuwan dan sejarahwan di seluruh dunia masih berusaha mengungkap misteri mekanisme Antikythera sebenarnya dan siapa yang membuatnya.

Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment