Kenapa Harus Memakai Text Editor Atom?


Atom adalah sebuah text editor open source yang tersedia untuk platform OS X, Linux dan Windows. Atom ini dibuat oleh GitHub dan di klaim sebagai text editor yang bisa di custom dengan merubah file konfigurasinya. 

Atom tidak jauh beda dengan salah satu dari semua text editor favorit saya, yaitu Sublime Text, karena Sublime Text adalah referensi dari Atom, yang membedakan adalah, Atom mempunyai plugin yang dapat menambah kan fitur-fitur sendiri di dalam text editor dan memungkinkan user dapat meng-kustom sendiri text editornya.


Penampakan Atom gan ⇑ ⇑

Ada beberapa plugin populer yang dapat membatu pekerjaan kamu:


1. Linter

Linter merupakan plugins yang memungkinkan Atom untuk melakukan validasi terhadap kode yang ditulis. Linter sudah mensupport banyak sekali bahasa program seperti JavaScript, CoffeeScript, Ruby, PHP, Python, Java, CSS, dan lain sebagainya.


2. Atom Beautify

Dengan menggunakan plugins yang satu ini kita bisa merubah format code yang kita tulis menjadi lebih rapih, banyak yang sudah disupport oleh Atom Beautify ini dari mulai HTML, CSS sampai PHP.


3. Autocomplete+

Autocomplete+ merupakan plugins yang bisa mempermudah pekerjaan kita karena dia bisa memunculkan kemungkinan auto complete dari code yang kita tulis.


4. Emmet

Buat kalian yang sudah lama mendalami dunia web development pasti sudah familiar dengan plugins yang satu ini. Dengan plugins ini kita bisa menyingkat apa yang kita tulis dan dengan “magic”-nya bisa men-generate hasil tag HTML yang lengkap.


5. Git Plus


Sering menggunakan Git sebagai repository, melalui plugins ini untuk melakukan commit dan push kita tidak perlu lagi membuka terminal atau command prompt. Kita tinggal mengeksekusi plugins ini untuk melakukan commit atau push pada code yang kita tulis.

Sebenarnya masih banyak plugin lain yang dapat membantu pekerjaan ngoding kamu, yang saya berikan ini adalah yang terpopuler, dari segi kecepatan masih saya akui Sumblime Text masih menandingi, akan tetapi dari segi tampilan dan fungsi-fungsi saya lebih menyukai Atom.
Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment