Cara Membuat Sistem Login dan Register Pada PHP Chapter 1


Pada entri saya sebelum nya, saya membahas tentang localhost atau webserver, posting sebelum nya sangat berkaitan dengan tutorial yang akan saya bahas pada entri ini, untuk pemula yang masih baru pada sebaiknya pelajari dulu dasar-dasar PHP, dan pada hari ini saya akan memberikan tutorial Cara Membuat Sistem Login dan Register Pada PHP.

Hal yang diperlukan adalah:

  1. Teks Editor
  2. Localhost
  3. Secangkir Kopi
Pertama buka aplikasi local webserver kamu, saya sendiri memakai aplikasi XAMPP untuk localhost saya, kemudian start service Apache dan MySQL sampai backround text nya berubah menjadi hijau seperti ini:


Setelah itu buka browser anda dan ketikkan http://localhost/phpmyadmin, anda akan masuk pada panel database yang digunakan untuk membuat database user yang telah register, lalu dilanjutkan dengan membuat database untuk user.

Pertama buat database di dalam phpmyadmin

Lalu ketikkan nama databasnya dan nama table nya

Kenapa saya memilih 3 collumns pada table nya? karena saya hanya membuat sistem login sederhana dengan field id, user dan pass.

Lalu input format field seperti screenshot berikut ini:

dan jangan lupa untuk memberi centang A_I (auto increment) pada id, jika kamu bertanya kenapa, hal ini difungsikan untuk menambahkan 1 data kedalam database setiap user register, misalnya:

pada halaman register terdapat 2 buah form, yaitu form Username dan form Password, saat user memasukkan data, data tersebut akan terinput kedalam 2 buah field pada table yang telah dibuat, nah fungsi auto increment pada id juga berfungsi sebagai primary_key pada table, hal ini dikarenakan saat data yang telah dimasukkan oleh user, id akan otomatis terisi dengan nilai 1, jika ada data lagi yang masuk akan otomatis juga terisi 2, dan begitu seterusnya.

kemudian klik save pada pojok bawah bagian kanan layar kamu. Jika sukses akan tampil halaman seperti ini:
Sekarang anda telah sukses membuat database untuk data user, artikel berikut nya akan saya pisah untuk proses Struktur file dan folder website dan proses ngoding nya.
Share on Google Plus

About Unknown

2 comments: