Penyebab dan Cara Mengatasi Overheat Pada Smartphone



Apakah kamu pernah merasakan panas pada smartphone dan gadget kamu? jika iya maka smartphone kamu sedang demam overheat. Nah pada kesempatan kali ini saya akan bahas-bahas mengenai overheat pada smartphone.

Ketika smartphone dalam keadaan overheat, bagian-bagian tertentu pada smartphone terasa sangat panas, hal ini juga dapat memicu battery smartphone kamu cepat terkuras dari keadaan normalnya, selain itu kinerja komponen di dalam smartphone terkena dampak nya juga dan akan berkurang kinerja nya. 

Berikut adalah Penyebab dan Cara Mengatasi Overheat Pada Smartphone.

Apa saja sih yang menyebab kan Overheat pada Smartphone?

1. Penggunaan yang terlalu Anti-Maenstream

 reaction angry mad throw phone GIF

Yang saya maksudkan adalah smartphone kamu terlalu kamu paksakan untuk bekerja secara terus menerus, walaupun smartphone itu adalah mesin, dia juga mempunyai hati limit dari batas kemampuannya, dan lebih parah nya lagi smartphone anda juga bisa bootloop. Apalagi kamu adalah seorang gamer yang pasti nya membutuhkan waktu yang lama untuk bermain, GPU, RAM dan Processor kamu akan terus bekerja, apalagi game yang kamu mainkan sangat tinggi grafis nya dan memakan banyak daya pada smartphone kamu.

2. Kondisi Alam di Sekitar Smartphone


Tanpa kamu sadari, lingkungan juga berpengaruh pada suhu pada smartphone kamu, coba deh bandingin jika kamu sering keluar rumah pada siang hari dan sambil memainkan smartphone kamu dibanding kan pada malam hari, suhu pada smartphone kamu akan lebih cepat meningkat jika terkena terik matahari, dan memicu terjadi nya overheat pada smartphone kamu.

3. Sinyal Yang Rendah


Pada kondisi seperti ini, smartphone kamu akan berusaha untuk mencari sinyal yang kuat di saat sinyal pada smartphone kamu lemah, dan tanpa disadari smartphone kamu akan bekerja terus untuk mencari sinyal yang lebih kuat, dan akan lebih cepat menghabiskan battery pada gadget kamu.

4. Banyak Aplikasi Yang Sedang Berjalan Pada Background


Apakah kamu terbiasa melakukan kebiasaan buruk ini? sebaiknya hentikan, selama aplikasi yang kamu buka sebelum nya masih berjalan pada background smartphone kamu semakin cepat pula battery gadget kamu terkuras dan selama itu pula smartphone kamu masih bekerja untuk meladeni aplikasi-aplikasi kamu yang masih berjalan pada background.

5. Menggunakan Smartphone Pada Saat Proses Charging


Saya rasa ini penyebab yang paling populer dari semua penyebab, dan saya juga termasuk dalam penyebab ini, jika kamu terus melakukan kebiasaan ini, akibatnya adalah memicu overheat dan juga memperpendek umur dari smartphone kalian guys~ yang lebih parah nya lagi jika smartphone kamu lagi keadaan charging terus dibawa main game, waduhh kalau smartphone bisa bicara pasti udah teriak-teriak gerah tuh.

Gimana ya cara mengatasi Overheat pada smartphone? dikutip dari detekno.com

1. Hapus Aplikasi Yang Banyak Memakan RAM

Salah satu faktor yang saya maksud disini dapat berupa aplikasi. Aplikasi yang terlalu banyak pada smartphone Android yang kamu miliki, dapat membuat kinerja dapur pacu berlebih, alhasil smartphone Android yang kamu miliki menjadi mudah cepat panas. Kemudian cara Mengatasi Overheating karena alasan tersebut, ada 2 opsi pilihan, yang pertama dapat dilakukan dengan cara menonaktifkan / disable aplikasi yang tidak penting atau yang terlalu memakan ram dan penyimpanan internal. Ke Dua, kamu dapat langsung menghapus aplikasi tidak penting atau tidak terlalu dibutuhkan pada sebuah smartphone.

2. Gunakan Provider Sim Paling Stabil di Daerah Kamu

Seperti yang telah saya sindir sebelumnya, jaringan yang lambat dapat memicu overheat pada smartphone kamu.

3. Selalu Bersihkan Smartphone Kamu Jika Terasa Kotor dan Berdebu

Pasti kamu banyak nih yang sering mengabaikan kebersihan dari perangkat smartphone yang dimiliki, hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya overheating pada smartphone kamu. Karena lubang yang tersedia pada smartphone kamu tertutup oleh debu, sehingga membuat aliran panas dari dalam smartphone tidak dapat keluar secara sempurna, dan akan menyebabkan tumpukan suhu panas dari bagian dalam smartphone tidak dapat keluar.

4. Atasi Overheating Yang Diakibatkan Salah Pemakaian Kabel Charge

Untuk alasan yang kempat ini memiliki akibat yang sangat fatal yaitu salah penggunaan kabel USB, khususnya jika akan melakukan charge, hal ini dapat membuat bagian port USB terbakar, bahkan bisa juga menyebabkan terjadinya korsleting, karena ketidak cocokan akan USB charger yang digunakan. Cara Mengatasi Overheating akibat alasan ini cuma satu caranya, yakni kamu diharuskan memakai USB charger bawaan atau original dari merk smartphone yang kamu miliki.

Sekian dari artikel saya, semoga berfaedah bagi agan, See ya!
Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment